( PENTING ) Kenali Keunggulan Prosesor Handphone dan Jenisnya

Kenali Keunggulan Prosesor Handphone dan Jenisnya - Jika Anda melihat berbagai smartphone yang beredar di pasaran sekarang ini, perangkat tersebut telah dibekali dengan berbagai macam teknologi terkini yang canggih sehingga membuat perangkat yang satu ini dapat mengerjakan berbagai macam hal, tidak hanya sebatas untuk berkomunikasi seperti melakukan perpesanan teks dan panggilan suara. Kini perangkat berteknologi canggih yang bernama smartphone tersebut dapat digunakan untuk berbagai macam hal.

Dari berbagai macam teknologi canggih yang terdapat pada sebuah smartphone, ada satu komponen yang memegang peranan yang sangat penting dari perangkat ini. Komponen tersebut dinamakan prosesor yang bisa dikatakan sebagai otak dari sebuah smartphone, prosesor sendiri memiliki tugas untuk memproses berbagai macam perintah yang diberikan. Saat ini telah ada berbagai macam prosesor yang terdapat dalam smartphone yang mana setiap prosesor tersebut memiliki keunggulannya masing - masing, berikut ini ulasannya.

Kenali Keunggulan Prosesor Handphone dan Jenisnya

1. Qualcomm Snapdragon
Prosesor pertama yang biasa digunakan pada sebagian besar smartphone bersistem operasi Android saat ini adalah Qualcomm Snapdragon yang mana prosesor ini sangat menekankan pada sisi kinerja dan efisiensi energi karena Qualcomm sendiri selalu melakukan inovasi dengan menggunakan teknologi terbaru yang akan membantu meningkatkan performa dari smartphone atau tablet yang menggunakan prosesor buatannya.

2. Samsung Exynos
Samsung Exynos merupakan sebuah prosesor yang dikembangkan secara resmi oleh Samsung sehingga tentunya Anda akan sering menemukan berbagai smartphone besutan Samsung yang menggunakan jenis prosesor ini. Prosesor Exynos ini memiliki kelebihan dalam konsumsi baterainya yang rendah namun mampu mengolah grafis dengan sangat optimal serta menghasilkan performa yang bisa diandalkan.

3. Huawei Kirin
Prosesor ketiga yaitu Huawei Kirin yang dikembangkan langsung oleh vendor yang berpusat di Negeri Tirai Bambu yakni Huawei, sehingga jangan heran jika sebagian besar smartphone besutan Huawei akan menggunakan prosesor Kirin ini. Walaupun kepopulerannya belum bisa menyaingi merek lain, namun prosesor Huawei Kirin ini akan mampu menghasilkan performa yang tangguh untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game terkini.

4. Mediatek
Mediatek, prosesor yang satu ini sangatlah populer karena banyak digunakan pada berbagai smartphone yang beredar saat ini baik smartphone besutan vendor lokal maupun smartphone besutan vendor ternama seperti Sony dan Xiaomi, prosesor yang satu ini juga memiliki kualitas yang baik dan mampu menghasilkan performa yang tangguh, selain itu prosesor Mediatek juga memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan prosesor yang lain.

5. Intel
Intel, nama yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda, selain memproduksi berbagai prosesor untuk komputer dan notebook, ternyata Intel juga membuat prosesor yang ditujukan untuk perangkat smartphone dan tablet. Prosesor yang satu ini sering Anda jumpai pada smartphone Zenfone besutan Asus, selain itu smartphone ini juga mampu menghasilkan performa yang tangguh.


Sekarang ini, smartphone telah memiliki performa yang tangguh sehingga tidak kalah dengan performa dari komputer atau laptop berkat adanya berbagai prosesor yang canggih.
,