Aturan Baru Youtube Tentang Konten Anak Anak

CARADANTRIK - Halo pemirsa setia blog sederhana ini, pada kali ini kita ingin memberikan informasi untuk youtuber yaitu Aturan Baru Youtube Tentang Konten Anak Anak ( video yang dibuat untuk anak2 dibawah umur ) yang semoga bisa membantu kita semua

Aturan Baru Youtube 2020

Baru baru ini para youtuber mendapat email yang bunyinya dalam bahasa inggris adalah

Hi ....
Important changes that may impact your monetization and content discoverability are coming.
Starting today, all creators are required to tell us if their content is made for kids in order to comply with the Children's Online Privacy Protection Act (COPPA) and/or other applicable laws. To help you comply, we are introducing a new audience setting in YouTube Studio.
Depending on the amount of made for kids content on your channel, you can set your audience at either the channel level or the video level. For those who are setting at the channel level, it is just one click.
Potential Audience Settings
These changes are required as part of a settlement with the US Federal Trade Commission (FTC) and NY Attorney General, and will help you comply with the Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA) and/or other applicable laws.
We know that these changes won’t be easy for some creators, and that this required change is going to take some time getting used to. But these are important steps to take to ensure compliance with the law.
Please read more below to understand your legal obligations and the impact these choices may have on your channel.
What is changing?
Starting today, all creators are required to mark their content as made for kids or not made for kids in YouTube Studio.
Starting in January: we will limit the data we collect on made for kids content to comply with the law. This means we will disable personalized ads on this content (which affects revenue for creators making content for kids), as well as certain features like comments, notifications and others. Note: You may see some small changes as we experiment and refine our systems over the next few months.
For a list of affected features, go here.
Why is this happening?
These changes are required as part of a settlement with the US Federal Trade Commission (FTC) and NY Attorney General, and will help you comply with the Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA) and/or other applicable laws.
Regardless of your location, we are required to ask you to set your videos as made for kids if they fall into that category, please make these settings as soon as possible.
We’ll also use machine learning systems to help us find content that is clearly made for kids. But do not rely on our systems to set content for you -- like all automated systems, ours are not perfect.
If you don’t set your content or if we detect error or abuse, we may set your audience for you. If you fail to set your content accurately you may face compliance issues with the FTC or other authorities, and we may take action on your YouTube account.
What is “made for kids” content?
We cannot provide specific legal advice, but according to the FTC’s guidance on COPPA, a video is child directed (which we call “made for kids”) if:
It is directed to children as the primary audience (e.g. videos for preschoolers).
It is directed to children but children are a secondary audience (e.g. cartoon video that primarily targets teenagers but is also intended for younger kids).
Learn more about the factors that determine if your content is considered as made for kids here.
We know this won’t be easy for some creators, and that this required change is going to take some getting used to. While we cannot provide legal advice, we are committed to helping you through this transition.
You can learn more about your own obligations under The Children's Online Privacy Protection Act (COPPA) and the tools we are building to support you here.
The YouTube Team

Dan bila ditranslite ke dalam bahasa indonesia adalah sebagai berikut
Perubahan penting yang dapat berdampak pada monetisasi dan visibilitas konten Anda akan segera berlaku.
Mulai sekarang, semua kreator diwajibkan untuk memberi tahu kami apakah konten mereka Dibuat untuk Anak-Anak atau tidak, untuk mematuhi Children's Online Privacy Protection Act (COPPA) dan/atau undang-undang lainnya yang berlaku. Untuk membantu Anda mematuhi kebijakan ini, kami memperkenalkan setelan penonton baru di YouTube Studio.
Anda dapat menetapkan penonton Anda di tingkat channel atau video, tergantung pada jumlah konten yang Dibuat untuk Anak-Anak di channel Anda. Kreator hanya perlu melakukan satu kali klik jika menyetel di tingkat channel.
Potential Audience Settings
Perubahan ini diwajibkan sebagai bagian dari penyelesaian dengan Komisi Perdagangan Federal (FTC) Amerika Serikat dan Jaksa Agung New York, serta akan membantu Anda mematuhi Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA) dan/atau undang-undang lainnya yang berlaku.
Kami tahu bahwa perubahan ini tidak akan mudah bagi sebagian kreator, dan bahwa sebagian kreator perlu waktu untuk terbiasa dengan perubahan yang diwajibkan ini. Akan tetapi, ini merupakan langkah penting yang harus diambil untuk memastikan kepatuhan terhadap undang-undang.
Baca selengkapnya di bawah untuk memahami kewajiban hukum Anda dan dampak yang dapat ditimbulkan pilihan ini terhadap channel Anda.
Apa saja yang berubah?
Mulai sekarang, semua kreator diwajibkan untuk menandai konten mereka sebagai Dibuat untuk Anak-Anak atau Tidak Dibuat untuk Anak-Anak di YouTube Studio.
Mulai Januari: kami akan membatasi data yang kami kumpulkan dari konten yang Dibuat untuk Anak-Anakuntuk mematuhi undang-undang. Artinya, kami akan menonaktifkan iklan yang dipersonalisasi di konten ini (yang memengaruhi pendapatan untuk kreator yang membuat konten untuk anak-anak), serta fitur tertentu seperti komentar, notifikasi, dan lainnya.
Lihat daftar fitur yang terpengaruh di sini.
Mengapa ini terjadi?
Perubahan ini diwajibkan sebagai bagian dari penyelesaian dengan Komisi Perdagangan Federal (FTC) Amerika Serikat dan Jaksa Agung New York, serta akan membantu Anda mematuhi Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA) dan/atau undang-undang lainnya yang berlaku.
Di mana pun Anda berada, kami diwajibkan untuk meminta Anda menetapkan video Anda sebagai Dibuat untuk Anak-Anak jika video tersebut termasuk dalam kategori ini. Tetapkan setelan ini secepatnya.
Kami juga akan menggunakan machine learning untuk mengidentifikasi video yang dengan jelas Dibuat untuk Anak-Anak. Namun, jangan mengandalkan sistem kami untuk menetapkan konten Anda. Seperti semua sistem otomatis lainnya, sistem kami belum sempurna.
Jika Anda tidak menetapkan konten Anda atau jika kami mendeteksi error atau penyalahgunaan, kami dapat menetapkan penonton untuk Anda. Jika Anda tidak menetapkan konten Anda secara akurat, Anda dapat menghadapi masalah kepatuhan dengan FTC atau otoritas lain, dan kami dapat mengambil tindakan pada akun YouTube Anda.
Apa itu konten yang “Dibuat untuk Anak-Anak”?
Kami tidak dapat memberikan nasihat hukum spesifik, tapi menurut panduan FTC mengenai COPPA, video ditujukan untuk anak-anak (yang kami sebut “Dibuat untuk Anak-Anak”) jika:
Video ditujukan untuk anak-anak sebagai penonton utama (mis. video untuk anak-anak prasekolah).
Video ditujukan untuk anak-anak tetapi anak-anak adalah penonton sekunder (mis. video kartun yang terutama menargetkan remaja tetapi juga ditujukan untuk anak-anak yang lebih muda).
Pelajari lebih lanjut berbagai faktor yang menentukan apakah konten Anda dianggap sebagai Dibuat untuk Anak-Anak atau tidak di sini.
Kami tahu bahwa perubahan ini tidak akan mudah bagi sebagian kreator, dan bahwa sebagian kreator perlu waktu untuk terbiasa dengan perubahan yang diwajibkan ini. Kami memang tidak dapat menyediakan nasihat hukum, tapi kami berkomitmen untuk membantu Anda melalui transisi ini.
Anda dapat mempelajari lebih lanjut kewajiban Anda menurut Children's Online Privacy Protection Act (COPPA), serta berbagai alat yang kami kembangkan untuk mendukung Anda di sini.
Tim YouTubeTentu ini sangat mengagetkan semua youtubet di seluruh negara di dunia ini termasuk di Indonesia, banyak rekan yang wa ke saya juga perihal masalah ini. Namun bila kita buka link tentang video yang dibuat untuk anak anak yang dimaksud adalah:


Menentukan apakah konten Anda Dibuat untuk Anak-Anak atau tidak

Kami membuat perubahan ini berdasarkan perjanjian dengan Komisi Perdagangan Federal (FTC) Amerika Serikat dan untuk membantu Anda mematuhi Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA) dan/atau peraturan lainnya yang berlaku. Di mana pun Anda berada, Anda harus memberi tahu kami apakah video Anda dibuat untuk anak-anak atau tidak. Jika Anda tidak menetapkan konten Anda dengan tepat, bisa terdapat konsekuensi di YouTube atau konsekuensi hukum berdasarkan COPPA dan peraturan lainnya. Kami menyediakan sejumlah panduan tentang apa saja yang dianggap sebagai konten yang “Dibuat untuk Anak-Anak” di bawah ini, tetapi kami tidak dapat memberikan nasihat hukum. Jika Anda tidak yakin apakah video Anda memenuhi standar ini, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan penasihat hukum.

Menurut panduan FTC tentang COPPA, video dianggap ditujukan untuk anak-anak (yang kami sebut “Dibuat untuk Anak-Anak”) jika:
Anak-anak adalah penonton utama berdasarkan berbagai faktor yang dijelaskan dibawah ini

Anak-anak bukan merupakan penonton utama, tetapi video tersebut tetap ditujukan untuk anak-anak berdasarkan berbagai faktor di bawah ini

Ketika memutuskan apakah channel atau video Anda Dibuat untuk Anak-Anak atau tidak, Anda harus mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk:
Materi pokok video (mis. konten pendidikan untuk anak-anak prasekolah)

Apakah anak-anak merupakan target penonton Anda yang Anda inginkan atau yang sebenarnya untuk video tersebut

Apakah video tersebut melibatkan aktor atau model anak-anak

Apakah video tersebut berisi karakter, selebritas, atau mainan yang menarik bagi anak-anak, termasuk karakter animasi atau tokoh kartun

Apakah bahasa dalam video tersebut ditujukan agar dapat dipahami oleh anak-anak

Apakah video berisi aktivitas yang menarik bagi anak-anak, seperti bermain peran, lagu atau game sederhana, atau pendidikan usia dini

Apakah video berisi lagu, cerita, atau puisi untuk anak-anak

Informasi lainnya apa pun yang dapat membantu Anda menentukan penonton video, seperti bukti empiris tentang penonton video Anda


Berapa usia anak yang dimaksud? Di Amerika Serikat, anak-anak didefinisikan sebagai setiap orang yang berusia kurang dari 13 tahun. Namun, ketentuan usia anak-anak bisa jadi lebih tinggi di negara lain, jadi pertimbangkan faktor yang dijelaskan di atas sebagaimana wajarnya, sesuai dengan definisi usia anak-anak dalam hukum yang berlaku di negara Anda, dan konsultasikanlah kepada penasihat hukum jika Anda memiliki pertanyaan lain.

Jadi penjelasan cukup mudah dimengerti, bagi anda yang mempunyai channel yang berisi atau ditujukan untuk anak2 maka wajib lapor ke youtube agar ditindaklanjuti sama youtub, dan sekarang upload pertama youtube juga diharuskan menceklis bahwa video tetsebut untuk anak atau tidak

Mudah mudahan peraturan terbaru youtube di 2020 ini kuta bisa atasi bersama


,